LSR Indonesia 2018, Menyebar di Kota Besar Indonesia

Early Days and Vision

Last Sunday Ride diprakarsai sekelompok pesepeda “Fixed Gear” di seputaran Jakarta yang rutin bersepeda bersama. Ide LSR muncul sebagai kegiatan bersama pesepeda pada hari Minggu terakhir di penghujung tahun. Pesepeda penggerak LSR mempunyai visi awal akan kota yang ramah, aman, dan nyaman untuk bersepeda. Berawal di Jakarta dan kemudian berkembang ke kota-kota lain di Indonesia.

Just Ride and Get Fun

Semangat bersepeda LSR sebagai bentuk gerakan urban cycling adalah mengutamakan keselamatan dan berbagi jalan dengan pengguna jalan lainnya dengan tetap bersenang-senang saat bersepeda melewati sudut-sudut kota.

Dengan jarak tempuh yang tidak jauh (50-100 km), pesepeda LSR semakin punya ruang untuk menikmati bersepeda di penghujung
tahun dan menutup tahun dengan aktivitas positif yang menyehatkan dan menyenangkan.

Growing Bigger Together

LSR perdana pada 2010 diikuti 40an pesepeda yang mengekplorasi Jakarta. Seiring semakin berkembangnya kebersamaan pesepeda, LSR banyak diikuti dan jadi agenda wajib komunitas pesepeda di ibukota. LSR yang awalnya dari komunitas pesepeda “Fixed Gear” semakin tumbuh besar bersama komunitas sepeda lainnya.

Jumlah pesertanya pun meningkat signifikan. Pada 2011 tercatat 200an pesepeda, 2012 ada 300an pesepeda, dan 2013 diikuti 400 an pesepeda. Lonjakan drastis terjadi di 2014 ketika mengaplikasikan online registration. Total 700an pesepeda terdaftar meskipun pendaftaran baru dibuka 3 minggu sebelum event berlangsung. Hingga pada 2017, total lebih dari seribu pesepeda memadati jalanan di 7 kota besar di Indonesia.